Kemampuan Komputer

Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam sastuan millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond.  Komputer yang paling cepat adalah melakukan operasi dalam waktu picosecond.

Tabel. Satuan waktu kecepatan proses komputer
Misalnya manusia dapat menyelesaikan suatu perhitungan pertambahan dalam waktu 1 detik, bila kecepatan komputernya adalah picosecond, 1 detik operasi pertambahan yang dilakukan oleh komputer, akan diselesaikan oleh manusia dalam waktu 1 triliun detik atau 31709 tahun.

Berdasarkan kecepatannya, komputer dapat diklasifikasikan sebagai komputer micro (micro computer). komputer mini (mini computer), komputer mainframe (dapat berupa small-scale mainframe, medium-scale mainframe dan large-scale mainframe) dan komputer super (super computer). Umumnya kecepatan komputer mikro diukur dengan satuan MHz (megahertz), kecepatan komputer main-frame dalam satuan MIPS (million instruction per second) dan komputer super dengan kecepatan FLOPS (floating point operations per-second).

Komputer mikro sekarang dapat mempunyai kecepatan berkisar dari 8 MHz sampai dengan 500 MHz. Satu megahertz (MHz) menunjukkan kemampuan melakukan kecepatan sebesar  satu juta siklus operasi perdetik. Jika kecepatan komputer mikro adalah 500 MHz, ini berarti bahwa komputer ini dapat melakukan 500.000.000 (500 juta) siklus operasi per detiknya, atau satu siklus operasi dapat dikerjakan selama 1/500.000.000 detik atau 0,5 nanosecond.

Komputer mainframe dapat mempunyai kecepatan sampai dengan lebih dari 1000MIPS. Komputer dengankecepatan 1000MIPS dapat mengolah sebanyak 1000.000.000 (1 milyard) instruksi perdetinya. Komputer mikro yang mempunyai satuan kecepatan MHz dapat dikonversikan ke satuan kecepatan MIPS. Umumnya satu instruksi program membutuhkan beberapa siklus operasi. Diumpamakan secara rat-rata, satu instruksi program membutuhkan 20 siklus operasi, maka komputer 500 MHz dapat dinyatakan mempunyai kecepatan 500 juta siklus operasi per detik/20 siklus operasi atau sekitar 25 juta operasi perdeik atau 25 MIPS.

Komputer super disebut juga dengannama parallel processor , karena sebenarnya komputer super merupakan komputer mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang secara parallel. Dengan demikian kecepatan komputer super dapat beberapa kali lipat dari kecepatan komputer mainframe, tergantung dari berapa banyaknya processor yang dipasang secara parallel. Komputer super dapat beroperasi dengan kecepatan lebih dari  100 GLOP. Satu GLOP sama dengan 1 giga(milyard) FLOP.

Kemampuan komputer lain yang menakjubkan adalah ketepatannya. Kalau manusia lelah, maka mentalnya akan luluh(mental fatique), yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan. Misalnya saja Anda disuruh untuk melakukan perhitungan sebanyak katakanlah 100000 buah pertambahan, yang akan Anda selesaikan dalam waktu 1 hari terus menerus tanpa berhenti, maka akan dijamin bahwa Anda pasti akan melakukan kesalahan. Sebaliknya karena komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah, maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.

Komputer akan mengalami kesalahan, bilamana:

  1. Komponennya rusak (metal fatique)
  2. Data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah. Suatu istilah di komputer yang cukup populer, yaitu GIGO, singkatan dari Garbage In Garbage Out yang berarti sampah yang masuk sampah pula yang keluar. Jadi kalau data yang dimasukkan salah maka hasilnya akan salah, sebaliknya jika data yang dimasukkan benar maka hasilnya akan benar (Gold In Gold Out).
Disamping komputer mempunyai kemampuan untuk beroperasi dengan cepat dan tepat, juga mempunyai kemampuan yang lain yaitu mempunyai ingatan (memory) yang besar.

Walaupun kelihatannya komputer lebih unggul dari manusia, tetapi ada beberapa hal yang tidak bisa menyamai manusia. Manusia mempunyai inisiatif dan dapat beradaptasi terhadap situasi yang tertentu, sedang komputer tidak dapat melakukan hal tersebut, karena beroperasi secara pasti menurut program yang diberikan. Keunggulan manusia yang lain adalah manusia mempunyai perasaan untuk membuat pertimbangan dan peramalan, sedang komputer tidak mempunyai perasaa.

Tabel. Satuan Kapasitas Memori Komputer

Comments

Popular Posts